adhiprasetyo

Friday, April 21, 2006

Profil dan Kronologis Kasus Mungo

Profil dan Kronologis Kasus Mungo

Nama Kasus

:

Mungo

Nama OTL

:

Mungo

Lokasi Kasus

:

Nagari Mungo Kec. Luhak Kab. Lima Puluh Kota Prop. Sumatera Barat

Luas Areal

:

LK. 316 Ha

Pelaku

:

1. BPTP HMT Padang Mangatas.

2. SNAKMA Padang Mangatas.

3. Denzipur II Padang Mangatas (Militer)

4. Dinas Pertanian Kab. 50 Kota.

5. Badan Pertanahan Nasional Kab. 50 Kota.

6. Pemda Kab. 50 kota.

7. Polres 50 Kota.

8. Koramil Luhak.

9. KAN 5 Nagari (Sungai Kamuyang, Bukit Sikumpar, Balai Panjang, Batu Payung & Labu Gununang).

Peruntukan Lahan

:

Areal Peternakan Sapi BPTHMT Padang Mangatas & Perkantoran (Denzipur II Padang Mangatas, Snakma Pertanian dan Koramil Luhak Kab. Lima Puluh Kota)

Jumlah korban

:

5.000 anak nagari Mungo

Kronologis Kasus Tanah Ulayat Nagari Mungo

Nagari Mungo terletak di antara tiga kenagarian yakni Nagari Sei.Kamuyang, Andaleh dan Bukit Sikumpar Kecamatan Luhak Kabupaten 50 Kota, berpenduduk lebih kurang 8500 jiwa, mempunyai tanah ulayat kaum, ulayat suku dan ulayat Nagari.

Tanah Ulayat Nagari Mungo, seluas Lk.316 Ha yang terletak di kawasan lereng Gunung Sago yang berbatasan langsung sebelah selatan dengan Batang Sinamar, sebelah utara dengan Gunung Sago, sebelah barat dengan nagari Sei. Kamuyang dan nagari Andaleh. Sebelah timur dengan nagari Bukit Sikumpar, Batu Payung dan nagari Balai Panjang.

Kronologis kasus ini dapat dilihat dari beberapa periode :

I. Periode Masa Penjajahan Kolonial Belanda

Pada masa kolonial Belanda, sekitar tahun 1918 seorang pengusaha Belanda yang bernama W. T. Simon mengajukan permohonan untuk memanfaatkan tanah ulayat nagari Mungo kepada Ninik Mamak nagari Mungo. Setelah diadakan musyawarah/rapat adat nagari Mungo maka Hakim adat Nagari Mungo yaitu Dt Malikan Nan Putiah memutuskan bahwa tanah ulayat nagari Mungo tidak boleh dijual hanya boleh disewa1.

Musyawarah adat atau kesepakatan Penghulu adat Nagari Mungo dihadiri oleh :

Penghulu Pucuk Nagari : Dt Malikan Nan Panjang dari suku Kampai.

5 (lima) orang Penghulu Kaampek Suku ;

  • Dt. Rajo Malikan Nan Gomuak dari suku Kampai.
  • Dt. Tunbagindo Nan Gomuak dari suku Payobadar.
  • Dt. Perpatiah Nan Sabatang dari suku Bodi.
  • Dt. Rajo Mangkuto Nan Mudo dari suku Piliang.
  • Dt. Indomarajo Nan Koruik dari suku Pitopang.

5 orang Penghulu cermin adat Nagari Mungo ;

  • Dt. Marajo Cindo Nan Kuniang dari suku Kampai.
  • Dt. Sutan Simarajo Nan Kuniang dari suku Payobadar.
  • Dt. Tunindo Nan Putiah dari suku Bodi.
  • Dt. Rajo Mangkuto Nan Sati dari suku Piliang.
  • Dt. Rajo Lelo Nan Gomuak dari suku Pitopang.

Penghulu Tuo Kampuang yaitu;

Suku Kampai ;

  • Dt. Damuanso
  • Dt. Malikan Nan Putiah
  • Dt. Mudo Nan Panjang
  • Dt. Marajo Nan Koruk
  • Dt. Malikan Nan Gonduik
  • Dt. Junjungan Nan Putiah
  • Dt. Putiah Kuamang
  • Dt. Putiah Simpan
  • Dt. Paduko Alam Nan Putiah
  • Dt. Bagindo Rajo
  • Dt. Mudo Nan Panjang

Suku Payobadar ;

  • Dt. Sati
  • Dt. Bagindo Bosa Nan Basisunguik Ameh
  • Dt. Paduko Marajo

Suku Bodi ;

  • Dt. Paduko Suanso Nan Balidah Bosi
  • Dt. Tunaro Nan Panjang
  • Dt. Naro Nan Panjang
  • Dt. Bagindo Nan Koruik

Suku Piliang ;

  • Dt. Mangguang Nan Kuniang
  • Dt. Marajo Indo Puto
  • Dt. Rajo Mangkuto Mudo
  • Dt. Rajo Mangkuto Nan Panjang

Suku Pitopang ;

  • Dt. Paduko Nan Panjang
  • Dt. Rangkayo Basa
  • Dt. Rangkayo Basa
  • Dt. Lelo Anso
  • Dt. Rajo Labiah

Berdasarkan hasil musyawarah diatas, terjadilah sewa-menyewa tanah ulayat nagari Mungo antara Nagari Mungo yang diwakili oleh Dt. Perpatiah Nan Sabatang (Datuak Palo) dengan W.T Simon Investor Belanda yang jangka waktunya selama 75 tahun. Kemudian dalam perkembanganya pemerintahan Belanda mengeluarkan akta hak erfacht di atas tanah ulayat nagari Mungo yang disewa oleh W.T Simon.

Beberapa tahun lalu hak sewa-menyewa tersebut telah berakhir, seharusnya tanah ulayat nagari Mungo dikembalkani kepada pemilik asalnya (ninik-mamak nagari Mungo) sesuai dengan hukum adat Minangkabau yang menyatakan bahwa "Kabau Tagak Kubangan Tingga", artinya apabila sewa menyewa dengan Belanda berakhir tanah ulayat tersebut harus dikembalikan kepada pemilik asalnya (ninik mamak nagari Mungo). Tetapi kenyataannya tanah ulayat nagari Mungo kemudian diclaim sebagai tanah milik negara (Dirjen Peternakan RI). Selama ini belum pernah terjadi pelimpahan hak dan pemutusan hubungan hukum dari masyarakat Mungo ke pemerintah, masyarakat nagari Mungo tidak pernah menerima ganti rugi atau jual beli dari pemerintah dan tidak pernah menerima sewa dari pemerintah RI sampai sekarang ini.

II. Periode awal kemerdekaan s/d tahun 2000

Setelah negara RI merdeka (pasca kepergian Belanda) tanah ulayat nagari Mungo kemudian dikuasai oleh Pemerintah RI dengan kebijakan nasionalisasi. Tanah Ulayat Nagari Mungo seluas ± 316 hektar telah diambil dan dikuasai oleh Depertemen Pertanian dan TNI seperti tanah BPT-HMT, Snakma Pertanian Padang Mangatas, Denzipur II Padang Mengatas, dengan perincian :

  1. Pertanian Snakma (SPP) seluas 184.200 m
  2. Denzipur II seluas 175.800 m
  3. BPT-HMT seluas 250 hektar
  4. Dinas Pertanian 50 Kota.

Pada tahun l950 tanah pertanian seluas Lk. 36 Ha (posisinya bersebelahan dengan tanah ulayat Mungo yang ditempati BPT-HMT), diambil alih oleh Bupati 50 Kota dengan nama Darwis Dt.Tumangung untuk mendirikan kebun pertanian daerah TK II 50 Kota. Kesepakatan dengan ninik-mamak Mungo, ada beberapa persyaratan antara lain yaitu semua tanaman masyarakat diganti rugi, bila mendirikan sekolah, anak nagari diprioiritaskan, bila membutuhkan tegaga buruh diambilkan dari anak nagari Mungo, dan syarat ke empat disewa atau dibeli, sampai kini tidak terealisir.

Pada tahun l982 Pemda TK II 50 Kota membentuk panitia A untuk melakukan penelitian terhadap keberadaan tanah ulayat Mungo yang dikuasai oleh BPTHMT. Dari hasil dari penelitian diputuskan bahwa tanah ulayat nagari Mugo hanya seluas 36 Ha yang harus diselesaikan secara tuntas dalam waktu yang singkat.

Pada tahun l983 disepakati bahwa tanah ulayat Mungo tersebut akan dibayar ganti rugi kepada ninik mamak Nagari Mungo dengan harga Rp 2500/meter. Setelah harga disepakati kemudian surat-surat pelepasan hak telah ditanda tangani oleh ninik-mamak. Tetapi sampai ini uang ganti rugi tersebut tidak pernah diterima oleh ninik mamak nagari Mungo dari Pemda 50 Kota atau BPTHMT. Panitia lima dibentuk oleh nagari Mungo telah berulang kali mendatangi Bupati 50 Kota dan mengadukan nasib agar adanya bantuan dalam penyelesaiannya kepada Gubenur dan DPRD Sumatera Barat. Hasilnya hanya harapan dan janji-janji yang tidak penyelesaiannya secara jelas.

Pada tahun l984 tanah ulayat Mungo yang ditempati oleh BPT HMT Lk. 250 Ha, telah disepakati antara ninik-mamak dengan pihak BPT HMT untuk dilakukan pelepasan Hak, dengan syarat BPT HMT membayar uang siliah jariah sebesar Rp.50 juta, dihadapan Bupati 50 Kota, Djufri, pimpinan BPT HMT, Ir.Abdul Kadir, utusan dari Nagari sebanyak lima orang antara lain Kiram Dt.Rajo Lelo Nan Gamuak, H.Djuran.A, Sawir Ahmad, Suhaimi Dt.Putiah Kuamang dan Nahar Sago. Pada waktu itu pihak BPT HMT tidak sanggup untuk membayar uang yang ditawarkan, sehingga BPT HMT gagal untuk mensertifikatkan tanah tersebut atas nama Departemen Pertanian.

Kemudian karena tim lima selalu merasa dipermainkan, sehingga timbul semangat reformasi dari anak nagari Mungo untuk mendapatkan kembali tanah Ulayat Nagari Mungo yang dikuasai oleh pemerintah (BPTHMT) secara Ilegal. Kemudian masyarakat Nagari Mungo yang kekurangan lahan pertanian melakukan pematok dan menggarap sebahagian dari tanah Ulayat Nagari Mungo yang dikuasai BPT HMT tersebut.

Upaya penyelesaian tanah ulayat nagari Mungo telah ditempuh secara musyawarah dan mufakat dengan Pemda 50 Kota dan DPRD. Namun tidak membuahkan hasil bahkan tokoh masyarakat Mungo ada yang lansung mengurus penyelesaianya sampai ke Menteri Pertanian dan Wakil Presiden di Jakarta. Tetapi penyelesaian kasus tersebut diminta agar diselesaiakan saja di tingkat daerah. Dalam perkembangannya bagi tokoh masyarakat Mungo yang gigih memperjuangkan hak ulayatnya dianggap sebagai penghasut masyarakat (provokator).

Pada tahun l996 waktu BPT HMT dipimpin oleh Mudahar dan Bupati 50 Kota, Drs.Aziz Haily.MA. BPTHMT secara diam-diam dan tanpa sepengetahuan ninik-mamak dan pemuka masyarakat Mungo tanah ulayat Mungo disertifikatkan oleh BPN TK II 50 Kota. Kemudian niniak mamak dan masyarakat Mungo membuat surat gugatan kepada Bupati dan BPN agar tidak dikeluarkan sertifikat atas nama Dep.Pertanian (BPT HMT). Tetapi kenyataan tidak dindahkan.

Pada tahun l997 lahirlah sertifikat Hak Pakai atas nama Departemen Pertanian tanpa melalui prosedur yang berlaku, dan penuh dengan rekayasanya Pemda 50 Kota. Sedangkan tanah ulayat Mungo yang ditempati oleh sekolah SNAKMA Pertanian Padang Mengatas, Dinas Pertanian, dan Den Zipur II Padang Mengatas serta kantor Koramil Kecamatan Luhak hingga saat ini dikuasai oleh pihak-pihak tersebut di atas.

Proses penerbitan sertifikat Hak Pakai atas nama Departemen Pertanian (BPT HMT) oleh BPN 50 Kota penuh dengan rekayasa dan manipulasi data (palsu) termasuk sertifikat atas nama sekolah SNAKMA, Den Zipur ll Padang Mengatas. Anak Nagari Mungo dalam mencari penyelesaian dan pengembalian Hak Ulayatnya tidak diberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat dan penyampaian aspirasi. Mereka selalu dihadapkan kepada tindakan kekerasan, intimidasi, teror, dan sebagainya oleh aparat pemerintah bahkan dilakukan politik adu domba antara masyarakat di kenagarian Mungo seperti antara ninik-mamak dengan anak kemenakan. Sehingga ada beberapa ninik-mamak nagari Mungo yang tergoda oleh bujuk rayu mereka dan berpihak kepada pemerintah.

Pada Tgl 27 Des l999 bertempat di aula DPRD 50 Kota diadakan pertemuan dengan Bupati/Muspida, tokoh-tokoh masyarakat Nagari Mungo dan ketua-ketua KAN dari lima Nagari Labuh Gunung, Balai Panjang, Batu Payung, Bukit Sikumpar, Mungo dan Sei.Kamuyang. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan yang merugikan masyarakat Mungo yaitu :

a. Tanah yang dikuasai oleh BPT HMT adalah tanah Ulayat 5 Nagari.

b. Penyelesaian antara masyarakat Mungo dengan BPT HMT diselesaikan secara Munsyawarah dan mufakat.

c. Keputusan tersebut belum dituangkan kedalam bentuk perjanjian tertulis.

Pada Tgl l8 Januari 2000 di ruangan khusus Bupati diadakan lagi musyawarah antara Bupati/Muspida dan ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh dengan tokoh masyarakat, ketua KAN enam Nagari. Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan pada tgl 27 Des l999. Pada saat ini Bupati, Muspida Ketua DPR membuat satu keputusan atas kesepakatan bersama berdasarkan data surat Belanda yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Unand Padang dan berdasarkan keterangan-keterangan dari ketua-ketua KAN lima Nagari, maka dinyatakanlah bahwa :

  1. Menyatakan bahwa tanah yang dikuasai BPT HMT Padang Mengatas sah Hak pakai Depateman Pertanian .
  2. Apabila ada yang keberatan dalam keputusan tersebut, dapat menuntut melalui jalur hukum/Pengadilan.
  3. Masyarakat yang menggarap areal lahan yang dikuasai BPTHMT semenjak bulan Juli l998 harus mengosongkan lahan selambat-lambatnya tgl 30 April 2000 dan masyarakat yang menggarap lahan pada bulan Oktober l999 harus mengosongkan lahan selambat-lambatnya tgl 1 Peb 2000.
  4. Tim pengosongan lahan tersebut terdiri dari unsur Polri, Muspida, Muspika dan utusan dari KAN enam Nagari.

Tokoh-tokoh masyarakat Mungo yang mewakili masyaakat termasuk ketua KAN Mungo tidak sepakat dengan keputusan tersebut dengan alasan

a. Keputusan tersebut adalah keputusan sepihak, karena tidak mempertimbangka bukti atau keterangan utusan dari kenagarian Mungo.

b. Keputusan tersebut sangat merugikan masyarakat Mungo, karena kehilangan lahan pertanian sebagai penyambung hidup bagi anak Nagari Mungo yang jumlahnya semakin bertambah jumlahnya semangkin bertambah.

c. Keputusan tersebut berbau rekayasan Bupati dan Ketua DPRD 50 Kota, karena bukti surat Belanda yang dijadikan alasan itu tidak sama lokasinya dengan objek sengketa, termasuk bunyi isinya .

Pada tgl 23 Januari 2000 masyarakat yang menggarap Tanah Ulayatnya yang dikuasai BPT HMT di undang oleh Nahar Sago (wakil masyarakat yang mengikuti pertemuan di kantor Bupati pada tgl l8 Januari 2000 untuk menyampaikan isi/hasil kesepakatan dari pertemuan tersebut. Pertemuan masyarakat ini berhasil menyepati bahwa :

a. Masyarakat yang berladang termasuk yang tidak berladang di tanah ulayatnya tidak dibenarkan melakukan perusakan terhadap aset negara yang ada di BPT HMT Padang Mengatas, tetapi ikut serta mengamankannya karena aset milik negara tersebut, termasuk masyarakat mempunyai andil di dalamnya.

b. Masyarakat tidak dibolehkan melawan terhadap aparat penegak hukum.

c. Apabila aparat melakukan main Hakim sendiri maka masyarakat diharuskan mencari perlindungan ke pihak lain.

d. Masyarakat mengutus Nahar Sago dan A.Dt.Kuning untuk mengantarkan surat pengaduan dan protes atas sikap Bupati dan DPRD II ke Gubenur dan DPRD Propinsi Sumatera Barat.

Pada tgl 26 Januari pengaduan ke DPRD dan Gubenur Sumbar diterima oleh Wakil Ketua DPRD Syahrial dan sekretaris Komisi A. Pada saat itu DPRD menyarankan agar tidak meninggalkan lahan garapan. Apabila terjadi permasalah diminta untuk segara melaporkan secepatnya kepada DPRD Sumbar. Selain itu masyarakat juga disarankan untuk membuat pengaduan kepada LKAAM Sumbar.

Pada Tgl 29 Januari 2000, diadakan pertemuan dengan beberapa orang ninik-mamak dan pemuka masyarakat Mungo di kantor Camat Luhak yang dihadiri oleh Muspida dan Ketua DPRD II. Pertemuan ini tidak membuahkan hasil yang baik karena rapat tersebut akhirnya bubar sendiri.

Pada Tgl 1 Peb 2000 terjadi perusakan pagar kawat oleh karyawan BPT HMT bersama dengan anggota Polres 50 Kota untuk memasukan sapi-sapi ke dalam kebun milik masyarakat. Masyarakat Mungo telah berupaya menghindari terjadi bentrokan fisik dengan aparat karena masih bisa diselesaikan secara baik-baik dengan Bupati Muspida dan pihak lainya. Pada saat itu, masyarakat tidak mau mengosongkan lahan garapannya

Pada tgl 2 Pebruari 2000 sekitar Jam l9.00 Wib, masyarakat mengetahui bahwa ada karyawan BPT HMT bersama dengan lima orang anggota kepolisian sengaja membuka pagar kawat dan memasukan ratusan sapi milik BPT HMT ke dalam kebun masyarakat yang berisi tanaman dan hampir keseluruhannya siap panen. Akhirnya secara serentak tmasyarakat berusaha untuk menghalau sapi-sapi ke luar kebun. Tetapi karena jumlahnya sangat banyak dan hari malam telah malam maka upaya masyarakat gagal. Akibatnya tanaman rusak. Kemudian masyarakat Mungo berupaya untuk mencari karyawan yang memasukan sapi-sapi ke komplek BPT HMT tetapi tidak ditemukan. Kemudian secara tiba-tiba lampu listrik BPTHMT sendiri oleh pihak BPT HMT. Dalam keadaan yang gelap terdengar adanya bunyi dentuman benda keras pada bagian kaca bangunan dan tidak diketahui siapa pelakunya. Akibatnya masyarakat terpancing emosi maka terjadi pengrusakan terhadap BPTHMT. Pada saat itu tidak satupun karyawan BPT HMT yang berada di komleks tersebut, arsip-arsip dan barang berharga milik BPTHMT telah dipindahkan. Pada malam kejadian tersebut, dua orang warga Desa Pakan Sabtu Mungo yang bernama Jonti Anwar dan Sawir ditangkap, dianiaya dan dipukuli dengan benda keras oleh aparat kepolisian.

Pada tgl 3 Peb 2000 terjadi penangkapan secara massal terhadap warga yang hendak berangkat ke Mapolres 50 Kota untuk melihat keadaan dua warganya yang ditangkap. Puluhan warga masyarakat Mungo yang ditangkap saat itu, diperlakukan secara tidak manusiawi tanpa adanya rasa belas kasihan terhadap masyarakat yang buta hukum. Akhirnya dari l8 orang yang ditangkap di antaranya ada yang proses secara hukum.

Pada tgl 3 Peb 2000, seorang tokoh masyarakat Mungo yang bernama Zulfahmi Tamin ditangkap oleh Koramil Luhak bersama dengan anggota Polres 50 Kota. Pada saat Zulfahmi ditangkap lansung di pukuli dan ditelanjangi. Kemudian dibawa ke BPT HMT dengan memakai mobil Polisi. Sesampai di BPTHMT Zulfahmi yang berdiri tanpa busana dan dalam ketakutan, semua karyawan BPT HMT diperintahkan untuk melakukan pemukulan terhadap korban Zulfahmi. Menurut pengakuan Zulfahmi dia dipukul dengan benda keras yang yang mengena bagian tubuhnya dan korban lansung jatuh dan pingsan. Dalam keadaan tidak sadarkan diri itulah mereka di bawa ke Mapolres 50 Kota, setelah korban sadarkan diri pemukulan diulang kembali oleh oknum-oknum anggota Polres tanpa ada belas kasihan. Sanak dan keluarganya tidak dibenarkan membezuk beberapa hari lamanya, seorang ibu rumah tangga bernama Halimah juga dipukuli aparat kepolisian di Mapolres.

Pada tgl 3 s/d 4 Peb tahun 2000, selain dilakukan penangkapan terhadap warga terutama bagi kaum laki-laki, aparat kepolisian 50 Kota juga melakukan pembakaran ladang dan tanaman masyarakat beserta bangunan yang berada di dalam kebun, hewan ternak milik masyarakat Mungo. Tindakan yang dilakukan oleh Pemda 50 Kota ini, tidak ssuai dengan batas waktu pengosongan lahan yang telah ditentukan (batas waktu pengosongan lahan belum habis).

Pada tgl 4 Peb 2000, seluruh lahan pertanian masyarakat telah dibumi hanguskan. Kerugian yang dialami masyarakat diperkirakan lebih kurang Rp.1,5 milyar. Jenis kerugian yang dialmai adalah kehilangan hewan ternak (sapi, kambing, ayam), bangunan/pondok-pondok masyarakat, hasil panen yang tersimpan di dalam pondok, bahkan ada tanaman yang belum sempat di panen (padi, semangka, jagung , ubi-ubian, lada, jahe, cabe kriting, tomat, kentang, tembakau dan banyak jenis tanaman lainnya) yang ditanami di atas areal seluas lebih kurang l25 Ha.

Pada tgl 4 Peb 2000 ada dua orang warga Mungo yang meninggal, tidak ada laki-laki yang akan melakukan penguburan. Karena semua laki-kali dewasa di Desa Pakan Sabtu Mungo sudah lari ketakutan atas kekejaman dan tindakan aparat Kepolisian. Akhirnya kedua warga tersebut terpaksa dimakamkan oleh anggota Den Zipur II . Akibat kekerasab aparat kepolisian sampai saat ini masih ada warga Mungo yang takut pulang kekampungnya karena mereka telah tercatat sebagai DaftarPencarian Orang (DPO) oleh Polres 50 Kota. Salah seorang tokoh masyarakat Mungo yang bernama Nahar Sago pernah ditembak dan diburu-buru, rumahnya digeledah beberapa kali, keluarganya di interogasi. Nahar sago dianggap sebagai provokator sementara Nahar Sago adalah salah seorang panitia yang ditunjuk oleh ninik-mamak dalam kenagarian Mungo untuk mengurus tanah-tanah Ulayat yang dipakai oleh pemerintah atau BPTHMT secara Ilegal itu..

Pada tgl 9 Peb 2000 Kepala BPT HMT Amrizal Jufri memutar balikan fakta yang mengatakan bahwa BPT HMT telah kehilangan 300 ekor sapi pada saat terjadinya kerusuhan pada tgl 2 Peb 2000 di Padang Mengatas. Dalam hal ini yang dikambing hitamkan sebagai pelaku hilangnya ternak mereka adalah masyarakat. Hal ini merupakan sandiwara yang direkayasa oleh oknum BPT HMT sendiri untuk melenyapkan aset negara tersebut.

Pada pertengahan bulan Februari 2000 LBH Padang, Lembaga Mahasiswa LAM-PK dan P2TANRA Sumbar melakukan pendampingan terhadap masyarakat Mungo, sebelumnya pada tanggal 5 Februari LAM-PK telah melakukan investigasi kasus kriminalisasi masyarakat Mungo oleh aparat kepolisian 50 Kota, Polsek Luhak dan aparat kepolisian dari Brimob Padang Padang. Dari tahun 2000 LBH Padang mendampingi masyarakat Mungo yang ditangkap dan ditahan oleh Polres 5o Kota. Dari 20 tersangka yang ditahan di Polres 50 Kota, hanya 2 orang masyarakat Mungo atas nama Zulfahmi Tamin dan M. Nur Kampung yang sampai ke proses persidangan PN Payukumbuh. Sedangkan yang lainnya bebas dengan bersyarat.

Semenjak di dampingi oleh LBH Padang dan LAM-PK kondisi masyarakat di nagari Mungo mulai tenang dan membaik. Masyarakat Mungo yang dulunya meninggalkan kampung karena takut ditangkap oleh aparat kepolisian sudah mulai berani pulang ke kampungnya, termasuk Nahar Sago (salah seorang tokoh masyarakat yang DPO-nya hingga saat inii belum dicabut oleh Polres 50 kota).

Sepanjang tahun 2000 LBH Padang mendampingi 2 orang masyarakat Mungo di persidangan PN Payukumbuh. Akhirnya Zulfami Tamin di vonis pengadilan dengan hukuman penjara 4 bulan kemudian banding dan kasasi ke MA sampai sekarang vonisnya belum di putus oleh MA. Sedangkan M. Nur Kampung divonis bebas. Kemudian LBH Padang atas nama M. Nur Kampung mengajukan gugatan perdata ganti rugi ke PN Payukumbuh dengan mengugat Kapolri Cq Kapolres 50 Kota, Kejaksaan RI cq Kejari Payukumbuh, MA RI cq Hakim PN Payukumbuh. Vonis PN Payukumbuh akhirnya menolak gugatan ganti rugi M. Nur Kampung di PN Payukumbuh.

Untuk penyelesaian kasus Mungo melalui musyawarah mufakat dengan beberapa kali pertemuan antara Pemda 50 Kota, BPTHMT dengan pemuka masyarakat kenagarian Mungo termasuk DPRD 50 Kota telah dilakukan. Pada saat itu BPT HMT menawarkan kepada masyarakat Mungo tanah seluas 80,2 Ha dari lahan yang mereka kuasai. Sekaligus dibantu penggarapan pertama dengan syarat masyarakat Mungo mau pindah lokasi tempat berladang sekarangf. Masyarakat atas tawaran itu nyata-nyata menolaknya dengan alasan lokasi lahan yang diberikan terlalu kecil dari jumlah luas tanah ulayat yang telah digarap masyarakat, lahan yang diberikan tersebut sebagian berada di atas tanah Ulayat Nagari tetangga yang tidak berada di daerah kenagarian Mungo.

Pada akhir tahun 2000 diadakan kembali pertemuan di kediaman Bupati 50 Kota di Labuh Basilang yang dihadiri ninik-mamak dan pemuka masyarakat Mungo. Pada saat itu BPT HMT kembali menawarkan mengganti lokasi lahan garapan masyarakat yang jumlah luasnya sama seperti di atas (80, 5 Ha), Tetapi lokasinya telah berbeda atau bagian ke bawah. Selain itu BPT HMT juga menawarkan kepada Ninik-mamak Mungo berupa bantuan uang sebesar Rp.600 juta. Tawaran itupun ditolak karena yang dituntut Ninik-mamak dan masyarakat Mungo adalah pengembalian keseluruhan tanah Ulayat Mungo yang dikuasai Pemerintah. Kemudian dalam perkembanganya diketahui bahwa bantuan uang sebesar Rp.600 juta tersebut merupakan rekayasaan BPT HMT bersama Pemda 50 Kota. Dana sebesar 600 juta merupakan dana proyek bantuan sapi untuk masyarakat di Propinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2000/2001 bukan hanya diperuntukan untuk Desa Pakan Sabtu Mungo tetapi termasuk untuk Desa Sei.Kamuyang Timur, Desa Bukit Sikumpar, dan Kab.Pasaman.

III. Periode dari tahun 2001 s/d 2005

Pada tgl 8 Peb 2001 diadakan pertemuan oleh Kepala bagian Tapen kantor Bupati 50 Kota Drs.Don Ardonis dengan mengundang beberapa orang ninik-mamak dan Kepala Desa Pakan Sabtu ke kantor Bupati. Ninik-mamak yang diundang itu termasuk Kepala Desanya adalah orang-orang yang bisa dipreteli saja oleh oknum aparat Pemda. Keputusan yang dibuat waktu itu, bahwa ninik-mamak Mungo telah bersedia mengambil lahan pertanian itu seluas 80,2 Ha sebagai mana yang ditawarkan oleh BPT HMT dulunya.

Beberapa hari kemudian, utusan masyarakat Mungo mendatangi Bupati 50 kota, Alis Marajo di kantornya untuk menanyakan hasil rapat yang diadakan oleh Tapen tersebut. Ternyata rapat yang dilaksanakan itu tidak setahu Bupati sehingga Bupati kemudian memarahi stafnya. Pada kesempatan itu Bupati menjajikan kepada utusan masyarakat Mungo, bahwa tanah tersebut akan diselesaikan secara bijaksana dalam waktu cepat.

Pada tgl 9 Peb 2001 sekitar Jam 00.00 Wib puluhan anggota Polres 50 Kota melakukan penggeledahan rumah Nahar Sago di Kelurahan Balai Cacang kodya Payakumbuh dengan upaya untuk menangkap Nahar Sago yang tercatat sebagai DPO Polres 50 Kota dengan tuduhan bahwa Nahar Sago penghasut masyarakat dalam kasus di Padang Mengatas. Malam itu juga tiga kali dilakukan penggeledahan di rumah Nahar Sago, sementara keluarganya diintimidasi, serta anak-anaknya yang masih kecil-kecil diancam dan sebagainya dalam ketakutan, karena prilaku aparat waktu itu sangat kejam. Sekitar Jam 04.00 Wib dilakukan penggeledahan rumah Ospamer adik Nahar Sago, pengegeledahan dan penangkapan Ospamer tidak ada surat perintah dari Kapolres. Akhirnya Ospamer ditangkap dan dibawa ke Mapolres 50 Kota bersama kendaraan roda empat milik Nahar Sago. Ospamer dan isteri Nahar Sago nama Rosdiati, dipaksa untuk mencari Nahar Sago, kalau tidak bisa menemukan dan membawanya ke Polres, kedua orang tersebut diancam akan dipenjarakan dan disiksa, sebagai mana anggota masyarakat yang telah dipenjarakan beberapa bulan lalu.

Pada sekitar bulan Juli 2001 masyarakat Mungo bersama anggota P2TANRA dari 6 kab/kota di Sumbar mengadakan aksi demontrasi dengan massa lk. 1000 orang ke DPRD Sumbar yang dihadiri oleh Pemda Kab/kota, BPN Kab/Kota Korem dan Polda Sumbar untuk menyampaiakan permasalahannya dan mencari penyelesaian kasus.

Pada akhir tahun 2001 masyarakat Mungo kembali mengusaai tanah ulayatnya yang ditempati oleh BPTHMT (reklaiming) seluas lk.120 Ha sampai sekarang. Tetapi upaya penyelesaian kasus dan pengakuan atas tanah ulayat masyarkat nagari Mungo belum berhasil.

Pada tahun 2002 kembali masyarakat Mungo bersama anggota P2TANRA yang berkasus megadakan demontrasi dan hearing dengan DPRD Sumbar dengan menghadirkan Pemda Sumbar, Korem 032, Polda Sumbar dan pemda beserta BPN kab/kota. Hearing ini berhasil membentuk tim penyelesaian kasus P2TANRA yang langsung penanggung jawabnya Wakil Gubenur (Prof. Fahri Ahmad MSC) yang dibiayai dengan APBD Sumbar 2002., Tetapi kenyataannya tim ini tidak pernah berjalan dengan alasan otonomi daerah kab/kota

Dari tahun 2003 sampai 2005 penyelesaian kasus tanah ulayat Mungo dilakukan tokoh masyarakat Mungo bersama pemerintahan nagari Mungo ke Bupati 50 Kota, Pemda dan Dinas Peternakan Sumbar, tetapi tetap belum ada upaya penyelesaian kasus yang jelas dan tuntas.

Pada tanggal 21 Juni 2005 Sekretaris Dirjen Bina Produksi Peternakan (Drh. Didin Sidiana.MM) mengrimkan surat no. 84/PL110/F1/06.05 perihal penyelesaian tanah negara BPTU Padang Mangatas kepada Sekjen Departemen Pertanian yang intinya menyampaikan bahwa di BPTU Padang Mangatas telah terjadi penyerobotan tanah negara oleh sekelompok masyarakat setempat seluas lk.180 Ha dari keseluruhan lahan seluas 280 Ha. Upaya penyelesaian telah dilakukan oleh kepala Balai bersama unsur Muspida dari instansi terkait di Ka. 50 kota dengan melibatkan masyarakat melalui jalur musyawarah maupun proses hukum, namun belum buah hasil . Kemudian upaya penyelesaiannya selanjutnya perlu ditempuh melalui jalur Pemda propinsi Sumbar.

Pada 22 Juni 2005 a/n Menteri Pertanian Sekretaris Jenderal Dr. Ir Hasanuddin Ibrahim, Spi mengrimkan surat no. 370/HK.410/A/6/05 kepada Gubenur Sumbar perihal penjarahan tanah BPTU Padang Mangatas. Gubenur Sumbar diharpakan bantuanya untuk segera mengambil langkah-langkah tegas sebagaimana mestinya sehingga persoalan tersebut dapat segera diselesaiakan dalam waktu yang tidak lama.

Pada tanggal 15 September 2005, LAN Mungo, Nahar sago, Bupati 50 Kota, Kepala BPTU Padang Mangatas, Drs Hasmi sahar (putra Mungo yang berkerja di Dinas Peternakan) datang ke Padang untuk menemui Gubenur dan Kepala Dinas Perternakan. Dalam pertemuan tersebut yang dilibatkan dalam pembicaraan hanyalah Kepala BPTU Padang Mangatas, Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Bupati 50 Kota dan Hasmi Sahar. Ketua LAN Mungo (Sy. Dt. Putiah Kuamang) hanya diperbolehkan menyampaikan keinginan masyarakat Mungo setelah selesai disuruh keluar dan tidak diperbolehkan untuk mengikuti pembicaraan selanjutnya.

Pada tanggal 22 September diadakan sosialisasi di kantor Camat Luhak kepada nagari Mungo yang mana lahan harus dikosongkan hasil dari keputusan dari Pemda dan Muspida tetapi masyarakat Mungo tidak menerima dan diminta masukan dari nagari Mungo.

Pada tanggal 20 Oktober keluar hasil keputusan Rapat Tim Pelaksana Penyelesaian Masalah tanah BPTU Padang Mangatas yang dihadiri oleh Bupati dan Muspida Plus tanpa melibatkan masyarakat dan pemerinatahan nagari Mungo (keputusan ini merupakan keputusan sepihak). Isi dari hasil keputusan Pemda 50 Kota dan Muspida Plus tersebut adalah :

1. Kebijakan Pemda bersama unsur Muspida Plus terhadap tanah milik BPTU Padang Mangatas harus dikembalikan fungsinya sebagai pusat pembibitan ternak secara nasional

2. Unsur Muspida Plus siap mengamankan dan menegakan kebijaksanaan Pemda 50 Kota, terutama pihak Polres 50 Kota dan Kota Payukumbuh, Kodim 0306/50 Kota, Denzipur II Padang Mangatas dan Kejaksaan Negeri Payukumbuh.

3. Kebijakan Pemda bersama Muspida Plus terhadap masyarakat yang memakai/memanfaatkan lahan pembibitan milik Departemen Pertanian dengan sertifikat Hak pakai no. 5 tahun 1997 dengan luas lk 280 Ha, diharuskan meninggalakan/mengosongkan lahan tersebut dalam waktu 30 hari terhitung setelah hari tanggal sosialisasi (hari Jumat 18 November 2005-17 Desember 2005), kemudian ditambah masa tengang panen bagi yang panen selama 10 hari dan masa pengosongan setelah panen selama 5 hari yaitu terhitung mulai hari Minggu tanggal 18 Desember-1 Januari 2006.

Pada tanggal 10 November 2005 Bupati 50 Kota (Drs. H. Amri Darwis, SA) mengirimkan surat no. 005/849/Tapem-2005 perihal sosialisasi penyelesaian masalah tanah BPTU Padang Mangatas kepada Masyarakat Mungo yang akan diadakan pada hari/tanggal kamis/17 November 2005 bertempat di Aula SPP Padang Mangatas

Pada tanggal 14 November 2005 Wali nagari, LAN Mungo dan Dt. Nan Kondo ke rumah Bupati. Pada pertemuan tersebut Bupati menyampaikan bahwa keputusan ini sudah final dari Pemda dan Muspida Plus.

Pada tanggal 16 November 2005 Wali Nagari Mungo (AS. Dt. Lelo Nan Hitam) mengirimkan surat undangan no. 005.010/WN-M/XI-2005 kepada Pengurus LAN Mungo, Ketua/anggota BPAN/ketua BMAS Mungo, Ketua LSN Mungo, Wali Jorong se nagari Mungo, pengurus Bundo Kandung-PKK nagari Mungo, Pengurus Pemuda nagari Mungo dan tokoh masyarakat nagari Mungo untuk mencari solusi dan langkah-langkah selanjutnya berkaitan dengan sosialisasi penelesaian masalah tanah BPTU Padang Mangatas oleh Pemda dan Muspida Plus. Rapat ini diadakan pada tanggal 20 November 2005 bertempat di Aula SDN.03 Mungo di Tanjung Gadang.

Pada tanggal 17 November 2005 dilaksanakan sosialisasi penyelesaian masalah tanah milik BPTU Padang Mangatas yang dihadiri oleh Pemda 50 Kota dan Muspida Plus bersama Pemerintahan nagari (wali nagari Mungo, Ketua BPAN dan Ketua LAN Mungo) dan masyarakat nagari Mungo pengarap lahan milik BPTU Padang Mangatas. Pada saat dilakukan sosialisasi ini Pemda dan Muspida Plus melakukan intimidasi, teror dan memaksa pemerintahan nagari dan masyarakat Mungo untuk menerima keputusan Pemda dan Muspida Plus tentang penyelesaian masalah tanah milik BPTU Padang Mangatas dan menanda tangani surat kesepakatan bersama Pemda 50 Kota dan Muspida Plus dengan aparat pemerintahan nagari Mungo atas nama masyarakat nagari Mungo yang dikawal dengan aparat kepolisian 50 kota dan Satpol PP kab. 50 Kota. Isi pernyataan tersebut adalah :

1. Kami Pemerintahan nagari bersama masyarakat akan mengosongkan dan memindahkan seluruh peralatan, tanaman, bangunan yang ada diatas lahan milik BPTU Padang Mangatas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Pemda Kab. 50 Kota bersama Muspida Plus paling lamabat 1 Januari 2006.

2. Bagi masyarakat yang tidak mengindahkan kebijakan ini bersedia ditindak tegas secara hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Pemerintah nagari Mungo setuju dan akan mematuhi serta melaksanakan kebijakan Pemda dan Muspida Plus tersebut

4. Pemerintah nagari bersama masyarakat berharap pihak BPTU Padang Mangatas dan Pemda Kab. 50 Kota tetap memberikan bantuan dan bimbingan kepada masyarakat nagari Mungo pada kesempatan pertama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

IV. Kondisi dan Perkembangan Terakhir Kasus

Dari hasil investigasi yang dilakukan oleh LBH Padang dan P2TANRA Sumbar ke lapangan pada tanggal 30 November -1 Desember 2005. Kondisi masyarakat nagari Mungo terutama masyarakat peladang yang telah mengarap tanah ulayatnya sendiri semenjak tahun 2001, berada pada kondisi yang menyedihkan, ketakutan dan pasrah menerima kenyataan harus tergusur dari tanah sendiri karena tanah ulayatnya diclaim sebagai tanah negara milik BPTU Padang Mangatas. Berdasarkan hasil keputusan Pemda Kab. 50 Kota dan Muspida Plus pada tanggal 20 Oktober 2005 mereka hanya diberi tengang waktu sampai 1 Januari 2006 untuk mengosongkan lahan.

Saat ini masyarakat nagari Mungo yang mengarap tanah ulayatnya mulai mengosongkan lahan dengan terpaksa memanen hasil tanaman/pertaniannya dan telah banyak pondok-pondok milik masyarakat yang dibuka dan ditinggalakan oleh pemiliknya. Rasa ketakutan masyarakat Mungo diperparparah dengan adanya intimidasi, ancaman dan teror dari aparat kepolisian 50 kota dan Koramil Luhak yang hampir setiap hari memasuki perkampungan dan lahan pertanian/perladangan masyarakat. Setiap gerak gerik dan aktivitas yang mereka lakukan selalu dipantau oleh aparat kepolisian 50 kota dan koramil Luhak dan mereka dilarang untuk mengadakan pertemuan dan berkumpul-kumpul bahkan telah sekitar 30 orang tokoh masyarakat dan masyarakat nagari Mungo yang dicurigai dan terdaftar namanya di Polres 50 Kota.

Melihat kondisi yang cukup mencekam di nagari Mungo, pertemuan yang dilakukan oleh beberpa orang tokoh masyarakat Mungo dengan tim investigasi LBH Padang dan P2TANRA terpaksa dilakukan pada malam hari dengan mendatangi mereka dari rumah ke rumah. Dari pertemuan yang dilakukan dengan sekitar 5 orang tokoh masyarakat Mungo dan beberapa orang masyarakat Mungo. Pada intinya mereka mengecam dan tidak menerima keputusan Pemda Kab. 50 Kota dan Muspida Plus yang mengusur mereka dari tanah ulayatnya sendiri, termasuk surat pernyataan dari Pemerintahan nagari Mungo (Wali nagari, ketua LAN, Ketua BPAN dan Kepala Jorong Indobaleh Barat dan Indobaleh Timur) yang menerima dan menyetujui hasil keputusan Pemda dan Muspida Plus tersebut meskipun mereka berada dalam keadaan terpaksa dan dibawah tekanan.

Dari hasil pertemuan dengan beberapa orang tokoh masyarakat/masyarakat Mungo termasuk dua (2) orang kepala Jorong (Indobaleh Barat dan Indobaleh Timur) yang ikut menandatangani hasil keputusan Pemda dan Muspida plus tersebut. Pada intinya mereka tetap berkeinginan untuk bertahan dan memperjuangkan tanah ulayatnya. Dengan harapan adanya bantuan dan pendampingan hukum dari LBH Padang dan P2TANRA termasuk dari LSM dan lembaga lainya baik di tingkat kab, provinsi maupun nasional.



1 Ketentuan ini merupakan aturan/hukum adat yang berlaku Minangkabau " di Jua indak dimakan bali, digadai indak di makan sando, murah indak Ddapek di bali, maha indak dapek di agiah" artinya dijual tidak di makan beli, di gadai tidak dimakan sandera, murah tidak adapt dibeli, mahal tidak dapat di beri".

174 Comments:

At 1:37 PM, Anonymous Anonymous said...

QnWlJF The best blog you have!

 
At 12:28 AM, Anonymous Anonymous said...

qwXpiZ Please write anything else!

 
At 1:20 AM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 2:04 AM, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 
At 3:03 AM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 4:07 AM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 5:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Good job!

 
At 10:18 PM, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 
At 11:20 PM, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 
At 12:21 AM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 1:09 AM, Anonymous Anonymous said...

Please write anything else!

 
At 7:28 PM, Anonymous Anonymous said...

KpOlcH write more, thanks.

 
At 10:49 AM, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 
At 11:22 AM, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 
At 1:14 PM, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 
At 2:23 PM, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 
At 2:52 PM, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 
At 3:22 PM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 3:53 PM, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 
At 4:30 PM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 5:11 PM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 5:49 PM, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 
At 6:23 PM, Anonymous Anonymous said...

Wonderful blog.

 
At 6:53 PM, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 
At 7:28 PM, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 
At 8:07 PM, Anonymous Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

 
At 8:38 PM, Anonymous Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

 
At 9:04 PM, Anonymous Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

 
At 9:35 PM, Anonymous Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

 
At 10:09 PM, Anonymous Anonymous said...

Nice Article.

 
At 10:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Friends help you move. Real friends help you move bodies

 
At 11:16 PM, Anonymous Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

 
At 11:46 PM, Anonymous Anonymous said...

Clap on! , Clap off! clap@#&$NO CARRIER

 
At 12:20 AM, Anonymous Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

 
At 12:52 AM, Anonymous Anonymous said...

I'm not a complete idiot, some parts are missing!

 
At 1:33 AM, Anonymous Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

 
At 2:13 AM, Anonymous Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

 
At 2:51 AM, Anonymous Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

 
At 3:24 AM, Anonymous Anonymous said...

Energizer Bunny Arrested! Charged with battery.

 
At 3:57 AM, Anonymous Anonymous said...

If ignorance is bliss, you must be orgasmic.

 
At 4:25 AM, Anonymous Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

 
At 4:51 AM, Anonymous Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

 
At 5:21 AM, Anonymous Anonymous said...

Magnific!

 
At 5:50 AM, Anonymous Anonymous said...

Save the whales, collect the whole set

 
At 6:22 AM, Anonymous Anonymous said...

When there's a will, I want to be in it.

 
At 6:58 AM, Anonymous Anonymous said...

The gene pool could use a little chlorine.

 
At 7:32 AM, Anonymous Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

 
At 8:07 AM, Anonymous Anonymous said...

All generalizations are false, including this one.

 
At 8:39 AM, Anonymous Anonymous said...

I don't suffer from insanity. I enjoy every minute of it.

 
At 9:10 AM, Anonymous Anonymous said...

A flashlight is a case for holding dead batteries.

 
At 9:43 AM, Anonymous Anonymous said...

If ignorance is bliss, you must be orgasmic.

 
At 10:24 AM, Anonymous Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

 
At 11:07 AM, Anonymous Anonymous said...

Suicidal twin kills sister by mistake!

 
At 11:40 AM, Anonymous Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

 
At 12:20 PM, Anonymous Anonymous said...

A lot of people mistake a short memory for a clear conscience.

 
At 1:28 PM, Anonymous Anonymous said...

All generalizations are false, including this one.

 
At 2:06 PM, Anonymous Anonymous said...

Energizer Bunny Arrested! Charged with battery.

 
At 2:50 PM, Anonymous Anonymous said...

Build a watch in 179 easy steps - by C. Forsberg.

 
At 3:34 PM, Anonymous Anonymous said...

Lottery: A tax on people who are bad at math.

 
At 4:22 PM, Anonymous Anonymous said...

Build a watch in 179 easy steps - by C. Forsberg.

 
At 5:04 PM, Anonymous Anonymous said...

Calvin, we will not have an anatomically correct snowman!

 
At 5:45 PM, Anonymous Anonymous said...

Hello all!

 
At 6:32 PM, Anonymous Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

 
At 7:26 PM, Anonymous Anonymous said...

Change is inevitable, except from a vending machine.

 
At 8:16 PM, Anonymous Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

 
At 9:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Friends help you move. Real friends help you move bodies

 
At 9:38 PM, Anonymous Anonymous said...

I'm not a complete idiot, some parts are missing!

 
At 10:17 PM, Anonymous Anonymous said...

Thanks to author.

 
At 10:56 PM, Anonymous Anonymous said...

When there's a will, I want to be in it.

 
At 11:29 PM, Anonymous Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

 
At 12:12 AM, Anonymous Anonymous said...

Give me ambiguity or give me something else.

 
At 12:54 AM, Anonymous Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

 
At 1:39 AM, Anonymous Anonymous said...

What is a free gift ? Aren't all gifts free?

 
At 2:28 AM, Anonymous Anonymous said...

Beam me aboard, Scotty..... Sure. Will a 2x10 do?

 
At 3:18 AM, Anonymous Anonymous said...

Oops. My brain just hit a bad sector.

 
At 3:51 AM, Anonymous Anonymous said...

A flashlight is a case for holding dead batteries.

 
At 10:38 AM, Anonymous Anonymous said...

menarik, saya kebetulan sedang ada tugas mencari kasus mengenai sengketa tanah. Yang mau saya tau apakah pihak masyarakat mungo dan Departemen pertaninan sudah mengajukan bukti hak milik atas tanah sengketa itu ke pengadilan? Untuk membuktikan bukti mana yang lebih kuat, Berdasarkan bukti yang ada si, menurut saya lebih kuat bukti dari masyarakt Mungo.
Dan saya dengar, pemerintah kabupaten 50 kota juga memaksakan petani untuk menerima bantuan sapi dan mau tidak mau, mereka harus menandatangani suatu kesepakatan yang tidak adil. Bukankah dalam ps 3 UUPA pemerintah mengakui adanya hak ulayat?

 
At 3:53 AM, Anonymous Anonymous said...

car insurance nova scotia
memphis car audio refurb
auto accident lawyers long island
auto dealership greenwich
electric car motors for cars
sql create table with auto incrementer
bel aire auto auction
gestalt laws used in car design

 
At 1:48 PM, Anonymous Anonymous said...

dating websites
painful anal sex
girl sex video
free blacks ebony sex
teen sex stories
blonde sex nympho
female sex slave
when sex goes
gay sex
time oral sex

 
At 12:06 AM, Anonymous Anonymous said...

croup treatment adults
adult dvd to download
dating by zipcode
bbw slut dating
adult sex vides
adultx porn
strap on extension adult
fetal alcohol syndrom can they drink when an adult

 
At 3:11 AM, Anonymous Anonymous said...

mens adult
ezboard adult
young adult
adult english
online dating
adult sex

 
At 6:23 PM, Anonymous Anonymous said...

интим знакомство ташкент
сайты знакомства, досуг
интим салон
индивидуалки в уссурийске
лесби тольятти
индивидуалки в мелитополе
лесби фто
интим на каширке

 
At 1:43 AM, Anonymous Anonymous said...

jeff probst dating survivor
trini adult movies
does age make a difference in dating
interviews with dating
adult botique
new adult fiction
dating a minor laws
adult game ideas instructions

 
At 5:04 PM, Anonymous Anonymous said...

adult hentai movie list
best adult porn blogs
adult baby shorts
skimpy adult bikinis
sexy witch ceremonies pictures adult
adult treasure chest paddle
pro jr dating
los angeles adult day health centers
sex videos older adults
adult finder anglevixen

 
At 3:30 AM, Anonymous Anonymous said...

adult shops near morristown tn
young women dating site
adult protective services oklahoma
free melbourne online dating
adult movies free no regestration
dress up for adults
adult virtual sex game
canadian dating service
speed dating in la crosse

 
At 12:02 AM, Anonymous Anonymous said...

nympho teen sex
interacial sex thumbs
sado sex bondage art slave fuck
sex and netherlands
ten channel sex
lesbian milk sex
free sexy teen
mature fantasy phone sex ladies
hot sexy porn pics
fucking sexy toys

 
At 1:12 AM, Anonymous Anonymous said...

rough gay twink sex
sex pistols god save the queen video
hillary clinton annal sex
sex offenders in quay county
young teen sex uderage
amateur sex viodeo
effexor when does sex drive return
gay adult sex toys
dark nasty sex
sex in elevador

 
At 4:22 PM, Anonymous Anonymous said...

adult content for sale stories
adult vintage dvd
podcast adult vidoe
mason storm latina adultery
xxx adult bookstore locations texas
adult christmas quiz
dating rituals in mexico
adult anime series download
free printable word games for adults

 
At 1:25 PM, Anonymous Anonymous said...

http://www.rgvnewmedia.org/profiles/blogs/franks-auto-sales
http://www.rlccef.org/profiles/blogs/wilson-tire-and-auto-laurel-md
http://whistler.whistleroutfitters.com/profiles/blogs/ipod-nano-generation3
http://www.flipgatesworld.com/profiles/blogs/recommended-coverage-for-auto
http://whistler.whistleroutfitters.com/profiles/blogs/princess-auto-edmonton
http://www.opensourceteaching.net/profiles/blogs/auto-tag-number
http://enterpriserails.chak.org/profiles/blogs/checker-auto-suuply
http://whistler.whistleroutfitters.com/profiles/blogs/auto-battery-charging
http://www.netretro.net/profiles/blogs/auto-ledo
http://www.greenworksatwork.com/profiles/blogs/auto-max-in-oklahoma-city

 
At 10:29 PM, Anonymous Anonymous said...

car share online tracker
wilmington finance used car donation
car donation deals
car wrecks on 33
student car insurance car insurance young driver c
car donation philadelphia
car assembly line

 
At 2:53 PM, Anonymous Anonymous said...

форум праститутки
досуг работа москва
про знакомства
досуг одинцово
шлюхи знакомства
проститутки хмельницкого
мулатки секс извращения
училка мулатка выезд
проститутки ответов
интим знакомства ачинск

 
At 3:23 AM, Anonymous Anonymous said...

крит досуг развлечения
проститутки м молодежная
длинные ногти фетиш
бесплатные лесби фото
проститутки за 30
досуг петербурга
пьяные проститутки
красивые лесби фото
заде знакомства
кавказские шлюхи фото

 
At 5:18 PM, Anonymous Anonymous said...

mosese
setgeasa
garisson
faina
margosha
cionivass
karton

 
At 8:45 PM, Anonymous Anonymous said...

murena
nubia
gabriella
denison
maglen
bolton
dionis

 
At 2:09 AM, Anonymous Anonymous said...

free adobe photoshop cs3
adobe acrobat bookmark
adobe illustrator embedding photoshop files
adobe indesign 2 for windows
adobe after effects crack
ocr and adobe acrobat standard
adobe acrobat professional product code
stabalize camera adobe premiere pro

 
At 12:27 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe flash
adobe creative
authorization code adobe
adobe after
download free adobe
adobe flash cs3
adobe creative suite
adobe flash player 64
adobe acrobat office fix
adobe flash cs3 pro

 
At 3:20 PM, Anonymous Anonymous said...

download adobe illustrator cs4 brushes
adobe flash show maker pro
adobe creative suite 3 web standard
iphone os 3 support adobe flash
downlowd adobe flash player 7

 
At 8:20 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe premiere cs4 download
adobe acrobat 8 professional
adobe flash player
download adobe acrobat 6
serial numbers for adobe
learn adobe photoshop
adobe premier slow encoding

 
At 2:33 AM, Anonymous Anonymous said...

military adobe acrobat subscription
adobe acrobat german to english
workflow adobe photoshop naming convention
adobe premiere import vob
adobe premiere cs4

 
At 7:20 AM, Anonymous Anonymous said...

free adobe flash ripper
adobe photoshop elements trial
quite revealing for adobe acrobat
free adobe photoshop cs3tutorial
remove adobe acrobat context menu
adobe illustrator cs4 crashes on startup
adobe premiere pro download

 
At 5:29 PM, Anonymous Anonymous said...

install adobe flash
ubuntu firefox adobe
adobe flash player settings
latest adobe flash player download
adobe support center minute
adobe downloads security
free downloads adobe flash

 
At 7:06 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe flash cs3
text box in adobe
adobe flash reader download
text in adobe flash cs3
text box in adobe flash cs3
text block in adobe flash cs3
adobe flash logos download

 
At 8:38 PM, Anonymous Anonymous said...

mac adobe flash cs3 key
adobe flash player
adobe acrobat flash
flash adobe reader
adobe flash prcs3 crack
adobe flash player grabber
moguls in adobe flash cs3

 
At 10:50 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe flash player 7
install adobe flash player free
adobe flash player plug in
adobe flash player faster loads
download adobe flash 9 for h264
download adobe flash 9 for pda
adobe flash player fails to install

 
At 6:37 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe creative suite 3
adobe premiere stopped
free adobe premiere
adobe indesign cs 3
adobe indesign texas
adobe photoshop software
adobe illustrator cs3

 
At 7:26 PM, Anonymous Anonymous said...

out in adobe photoshop
content for adobe
adobe photoshop cs3
adobe creative suite 2
buy adobe contribute
adobe flash ipod touch
capture adobe flash movie
adobe acrobat 9 pro

 
At 8:59 PM, Anonymous Anonymous said...

tool in adobe photoshop
pages in adobe acrobat 9 pro
adobe illustrator readers
adobe photoshop elements 6
flash adobe download
adobe photoshop elements 6 for mac torrent
adobe creative suite cs3
what is the most recent adobe

 
At 10:34 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop unlock layer
adobe after effects torrent
download adobe premiere transitions
adobe flash cs3 training
how to record in adobe presenter
how to copy adobe flash player video 9
adobe photoshop free fonts
download adobe acrobat 7 0

 
At 12:02 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe dreamweaver cs4
adobe photoshop cs2 serial
free adobe premier hotcakes
embedding adobe flash in html
free adobe photoshop cs3 help
adobe flash 7
adobe photoshop free tutorial
convert adobe illustrator

 
At 1:38 AM, Anonymous Anonymous said...

free adobe illustrator
my adobe acrobat reader
adobe shockwave flash
evaluations of adobe premiere
adobe photoshop elements 6
adobe flash lesson
adobe flash media player
with adobe photoshop

 
At 3:33 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop technique
adobe flash player
newsletter in adobe acrobat
adobe dreamweaver 65013268gs
adobe acrobat reader
adobe photoshop 7
free adobe photoshop
how to do everything with adobe

 
At 6:47 AM, Anonymous Anonymous said...

free adobe photoshop 7
adobe indesign cs3 classes
adobe photoshop 10
adobe photoshop 2005
download adobe flash
adobe java script flash
adobe illustrator ungroup
creating a brochure in adobe illustrator

 
At 5:22 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat 8 serial
whats new in adobe
adobe flash plyaer
adobe acrobat 8 standard
adobe acrobat best price
adobe after effects cs3
deutsche version adobe acrobat
adobe acrobat slo prevod

 
At 9:44 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop cs3 key free
free adobe illustrator templates pc
adobe acrobat молодые
adobe acrobat 8 activation keys
adobe acrobat reader for windows 2000
download adobe flash player softpedia
adobe flash standalone
ie 7 and adobe flash player problems
adobe photoshop cs3 professional portfolio book
free alternative to adobe acrobat

 
At 6:10 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop cs2 mac torrent
in2tv flash adobe
adobe indesign cs4 key serial
free adobe indesign
fonts dont show up in adobe indesign cs4
adobe indesign overview
quark files in adobe indesign cs3

 
At 3:49 PM, Anonymous Anonymous said...

make a flyer in adobe indesign
adobe indesign template
adobe indesign cs4 upsell from pagemaker
adobe illustrator indesign photoshop cs4
adobe indesign class bccc
adobe indesign cs4
adobe indesign cs4 v6

 
At 10:42 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe cs4 indesign kerning
adobe indesign troubleshooting
adobe indesign free trial
free adobe indesign cs3
adobe indesign cs3 pdf bok
adobe indesign pirate bay
additional fonts for adobe indesign cs3

 
At 5:39 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe pagemaker
current version of adobe pagemaker
adobe pagemaker 7 tutorials
adobe pagemaker photoshop
adobe pagemaker film output
adobe pagemaker image setting
adobe pagemaker prepress

 
At 7:35 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe pagemaker example
adobe pagemaker and photoshop
adobe pagemaker 7
adobe pagemaker free download
exams in adobe pagemaker
adobe indesign cs4 upsell from pagemaker
adobe pagemaker plus

 
At 3:45 AM, Anonymous Anonymous said...

free dating sites
adult fun parties
adult models australia
dating cheating black wives
adult sex literature
lions den adult mi
elite adult videos
fox news my dating place
harem 74 girl orgy adult movie
philosophies of adult education

 
At 5:13 AM, Anonymous Anonymous said...

free adult xxx breast
stiles adult
arkansas adult adoption
abdominal migraine adults
free online adult sex video
big men gay dating sites
need actress for adult film
adult game hen tai

 
At 7:53 PM, Anonymous Anonymous said...

sharpton gay sex
holly black sex
rough simulated sex
lesiban sex stories
latina sex pictures
sex on side
masturbation for girls sexual health
sex toys love handle vibe

 
At 5:26 AM, Anonymous Anonymous said...

free pre teen sex pictures
watch gay sex
people tell sex stories
first gay sex videos
campbell scott actor personal
rht sex stockings
sex humans animals
free adult hardcore sex

 
At 3:08 PM, Anonymous Anonymous said...

sexy asian gianna
easy anal sex positions
sex space fantasy
work place sex
bbw uk sex
sex japan free
free wake up to gay sex
st maarten legal sex

 
At 9:27 PM, Anonymous Anonymous said...

проститутки мулатки
знакомства сша
недорого закачать
минет под водой
праститутки белгорода
дешевые проститутки московской области
ська знакомства
интим за деньги в тихорецке

 
At 8:52 AM, Anonymous Anonymous said...

free college sex storie
free gay group sex movies
sex queens
scared asian teen sex
first time i had amazing sex
amateur oral sex videos
sex club lansdale
people having sex naked
prepare anal sex
fatty women sex

 
At 7:02 PM, Anonymous Anonymous said...

Проститутки знакомства спб
интим фото с чулками
элитные проститутки питера
сехс знакомства
досуг отрадное
сколько проституток в москве
индевидуалки проститутки
клиенты проституток
эскорт в кирове
грузинские проститутки

 
At 9:20 PM, Anonymous Anonymous said...

праститутки на час
проститутки г кирова
знакомста майл
индивидуалки мулатки
колготки шлюхи
обмен интим фотографиями
проститутки москвы калужская
проститутки москва молодёжная
интим знакомства в омске
интим знакомства с дамами за 40 йошкар-ола

 
At 11:12 PM, Anonymous Anonymous said...

лесби реальная история тётя и племянница
Проститутки года москвы
джойс знакомство
чат саши и маши
проститутки метро братиславская
интим железногорск
знакомства бар
братеево досуг кружки
проститутки павелецкая
бразильские шлюхи

 
At 3:38 AM, Anonymous Anonymous said...

казань эскорт услуги
знакомства, интим химки
элитные праститутки киева
бодр знакомства
интим в новотроицке
проститутки 2003
новороссийск праститутки
скрытая проститутка
интим пермь
секретарша делает минет фото

 
At 4:19 PM, Anonymous Anonymous said...

prednisone weight loss
prednisone weight lie
cortef and prednisone
prednisone lyrica side effects
prednisone watery eyes
prednisone watery eyes side effect
prednisone optic nerve eyes
prednisone and alcohol
prednisone headache treatment
prednisone and withdrawl

 
At 2:03 AM, Anonymous Anonymous said...

Cheap prednisone and food
Buy prednisone for dog with bronchitis Online
Buy how long does it take for prednisone to leave the body
dog dosage of prednisone Online
Buy why taper prednisone
Cheap prednisone 21 dose treatment
prednisone face swelling Online
dog prednisone withdrawal symptoms Online
Cheap prednisone and dosage

 
At 8:46 AM, Anonymous Anonymous said...

знакомства интим регистрация бесплатно
негритянки мулатки анал эскорт
молоденькие молодые
знакомства в уфа
проститутки метро нахимовский проспект
ммс интим
интим в беларуси бесплатно
ищу рабоу в москве в сфере досуг с интимом
проститутки м фрунзенская
индивидуальные проститутки

 
At 1:32 PM, Anonymous Anonymous said...

праститутки транссексуалки
отсос индивидуалки
кж интим
проститутки сызрань
проверенные проститутки киева
юго западная интим
ухта знакомства
ева индивидуалка спб
знакомства коток
интим девушки волгоград

 
At 11:04 PM, Anonymous Anonymous said...

Buy side affects of prednisone swollen feet Online
Cheap withdrawel symptoms of prednisone
Buy can you take prednisone with aspirin
Buy prednisone alternatives
Buy prednisone doseage Online
Cheap prednisone withdrawl
low blood sugar and prednisone Online
Buy what is prednisone syrup used for
prednisone taper Pills
Cheap prednisone effects on menstrual period

 
At 1:16 PM, Anonymous Anonymous said...

плаета знакомств
актау знакомства
досуг алексеевская
знакомства с дцп
объявление интим досуг
интим москва по метро
порно минет
интим магази
индивидуалки проститутки днепропетровска
дешевые шлюхи проститутки москвы

 
At 2:49 PM, Anonymous Anonymous said...

интим знакомства новосибирск
вип эскорт санкт петербург
интим-стрижки
лесби шоу выезд пермь
интим фото зрелых дам знакомство
индивидуалки минска
частные проститутки москвы
инфо о лесби
индивидуалки в жуковском
саратов проститутки индивидуалки

 
At 4:24 PM, Anonymous Anonymous said...

сучка делает минет моё фото на сайте
индивидуалки девушки
доставка интим
вологда эскорт услуги
минет саратов
сиськастые шлюхи
интим фото ню любительское
трансексуалы интим
интим пушкин
индивидуалки с номерами телефона город тверь

 
At 11:59 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop file extensions
adobe photoshop elements tutorials
adobe photoshop specials
serial numbers for adobe photoshop cs2
adobe photoshop elements training
adobe photoshop elements training free
adobe photoshop extended activation code
adobe photoshop brushes download
adobe photoshop cs2 serial
adobe photoshop cs3 activation code

 
At 8:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Cheap free adobe flash player
adobe photoshop cs2 online
Cheap my space adobe flash
Download data 1 cab file for
Price adobe illustrator
adobe photoshop layers Cheap
Download Online adobe flash
Low Cost adobe media flash
adobe photoshop techniques Low
adobe flash player crashes ie

 
At 3:27 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat 8 not activated
macintosh adobe flash
how to do demon mask in adobe after effects
adobe illustrator creative suite
cacidi extreme barcodes for adobe indesign
adobe photoshop cs3 vмолодые torrent for windows
adobe photoshop kids
adobe photoshop key support
business card tutorial adobe photoshop

 
At 5:20 PM, Anonymous Anonymous said...

Adobe Contribute CS4
Microsoft Office Visio 2003
Adobe In Copy CS4 make objects
Adobe Illustrator CS4 help with
Adobe Contribute CS4 adobe photoshop cs3
Microsoft Office Visio 2003 adobe photoshop
Microsoft Money 2007 Deluxe adobe after
Adobe Flex Builder Professional 3
Adobe In Copy CS4 acrobat adobe reader 8
Microsoft Money 2007 Deluxe

 
At 12:52 AM, Anonymous Anonymous said...

Microsoft Works 9 adobe
Microsoft Office 2007
Adobe Creative Suite 3 Master
Microsoft Visual C++ 6.0 Standard Edition
adobe photoshop user group Low Price
Microsoft Visual C++ 6.0 Standard Edition
Microsoft Auto Route 2007 FULL DVD adobe premiere
Microsoft Office Pro 2003 SP3 incl Project
Microsoft Office 2007 Enterprise with
Microsoft Student with Encarta Premium 2009 English

 
At 3:01 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop extend
bare minimum adobe acrobat
adobe acrobat 5 for free
what is a bad file handle in adobe acrobat
how adobe illustrator was made
adobe dreamweaver cs3 templets
xvid codec for adobe premiere cs3
adobe flash and use
adobe photoshop cs2
what is adobe fireworks

 
At 4:41 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe macromedia flash 8
adobe illustrator 7
adobe flash player download free
current adobe flash version
adobe acrobat reader 7 vista
examples of epss adobe indesign
adobe illustrator cs3 free
adobe flash player keeps
torrent adobe premiere elements 3
adobe flash video player

 
At 12:35 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop album 2 starter
adobe photoshop elements 7 serial
adobe contribute coldfusion
adobe and photoshop plug and in and special and effects
free download adobe acrobat reader 8
adobe free illustrator tutorial
adobe acrobat writer and free
adobe acrobat reader 7
adobe premiere elements serial
adobe photoshop tutorials masks

 
At 3:58 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat 5 installer
cheap adobe flash software
adobe illustrator cs2 osx
adobe flash player installation problems
adobe photoshop cs3 student version
adobe photoshop elements 7 serial number
can adobe photoshop be used with leopard os
adobe photoshop cs2 for the web hands india
adobe acrobat upgrade
how to do paths in adobe photoshop cs2

 
At 1:24 PM, Anonymous Anonymous said...

Microsoft Expression Studio 3
Adobe Fireworks CS4 adobe
Adobe Photoshop Elements 8
Adobe Contribute CS4 adobe
vista adobe flash uninstall and reinstall
workflow adobe photoshop
adobe indesign training
Adobe Frame Maker 8 adobe
Adobe Robo Help 8 full adobe
Adobe Premiere Elements 8 serial

 
At 6:04 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe illustrator torrent
kodak adobe photoshop
a fools guide to adobe photoshop cs3
adobe flash player problems
adobe photoshop cs2 serial number keygen
adobe premiere with jvc everio

 
At 8:06 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop tutorial download
adobe photoshop upgrade
free download for adobe
adobe flash free download mac
adobe flash player english
adobe flash loop sound
adobe framemaker 7
Adobe Flash CS3 Professional
adobe flash cs3 profession
free install of adobe

 
At 11:28 AM, Anonymous Anonymous said...

print to pdf for adobe acrobat 9 pro
adobe premier elements 3
newest version of adobe flash player
Microsoft Office Visio Professional 2007
can i open photoshop files
adobe creative suite 2 premium
adobe flash hacking problems
download adobe acrobat 7

 
At 1:22 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat reader free dpwnload
video tutorial adobe premiere
free adobe photoshop tutorials
problems with adobe media
Adobe Creative Suite 3 Master
adobe creative suite conference
flash player install adobe
adobe illustrator woodcut
how to use adobe premiere elements
Microsoft Student with Encarta

 
At 2:58 PM, Anonymous Anonymous said...

free adobe acrobat download
adobe after effects cs4 glowing ball
keygen for adobe after effects
rit online adobe photoshop
Microsoft Windows XP Pro SP3
adobe illustrator 10
download adobe flash Microsoft
adobe photoshop 4

 
At 11:21 PM, Anonymous Anonymous said...

upload adobe photoshop 7 for free
copy and paste from text file
free adobe photoshop cs3 extended download
adobe acrobat pro russian
adobe captivate free trial
adobe indesign torrent
Microsoft Auto Route 2007 FULL

 
At 1:27 AM, Anonymous Anonymous said...

run adobe pagemaker under
adobe acrobat 8 forums
download flash adobe
vinyl cutting with adobe illustrator
Microsoft Office Front Page
freeware adobe photoshop Adobe
adobe creative suite premium
what image is on adobe illustrator
how to beat adobe photoshop cs3
reversing type on a path in

 
At 4:26 AM, Anonymous Anonymous said...

Microsoft Windows Server 2008
creating buttons in adobe fireworks cs3
light laptop adobe illustrator
sell an online book using
Microsoft Visual Studio 2008 copy adobe
deleting a page with adobe
Adobe Font Folio 11
robert hughes adobe photoshop
Adobe Photoshop Elements 8

 
At 1:00 PM, Anonymous Anonymous said...

plug ins for adobe after
adobe acrobat pdf text field
fix adobe acrobat pdf
Adobe Robo Help 8 adobe
adobe acrobat oem
park pdf acrobat adobe eh10 search
how to create animated gif
adobe dreamweaver cs3 bundle
navodila adobe photoshop cs3
adobe premiere Microsoft

 
At 1:22 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat 7 pro search feature
adobe acrobat professional crack
adobe acrobat 7 professional key
adobe acrobat authorization crack
adobe acrobat 8 professional free download
adobe acrobat viewer for windows vista
adobe acrobat connect solution

 
At 2:51 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat 7 slo free
older versions of adobe acrobat
quite revealing for adobe acrobat
adobe acrobat editor
free download install adobe acrobat reader
adobe acrobat standard 8
print jobs that are stuck in que on his adobe acrobat

 
At 9:42 PM, Anonymous Anonymous said...

download from adobe flash player
download free adobe acrobat 5
adobe acrobat pdf printing
adobe premiere 7 burning dvds
adobe acrobat 7 free tutorial
free adobe photoshop tutorial
adobe acrobat windows mobile 6
buy adobe premier
adobe flash 9 free download

 
At 1:55 PM, Anonymous Anonymous said...

Low Cost adobe acrobat
can adobe photoshop be used
Low Price inside adobe
Cheap second glance software
adobe photoshop suite cs3
Adobe Acrobat 9 Pro Extended
Low Cost online help files
Adobe Flash CS4 Professional
adobe contribute v4 Microsoft
free adobe photoshop brushes

 
At 5:03 PM, Anonymous Anonymous said...

Adobe Sound Booth CS4 adobe
download adobe photoshop 7 Discount
adobe photoshop question Low Cost
cheap adobe photoshop cs2
Download adobe captivate 3
capturing adobe flash video
Download Online adobe acrobat
Adobe In Design CS4

 
At 4:32 PM, Anonymous Anonymous said...

Adobe Illustrator CS4 adobe
Discount adobe photoshop software
Adobe Sound Booth CS4 adobe flash
Microsoft Money 2007 Home & Business
Adobe In Design CS4 adobe photoshop
Download adobe photoshop workshop
Microsoft Office Visio 2003 adobe
Adobe Photoshop CS4 Extended
Adobe Captivate 4 adobe flash

 
At 7:56 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop elements patterns
adobe photoshop elements will not start error message
free adobe photoshop full download
adobe acrobat reader downloads for windows vista
adobe premier pro tutorials
adobe premiere pro audio tutorial
adobe acrobat version 6
adobe photoshop cs4 download non profit
adobe photoshop osx
free adobe illustrator cs3 mac serial number

 
At 9:38 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop premium starter edition
adobe premiere cs3
adobe flash ps3
adobe flash cs4 keep asking for serial number
adobe flash player 9 download
special price on adobe photoshop
adobe dreamweaver cs3 templates
wrap text in circle adobe photoshop
serial number adobe photoshop extended cs3
download adobe acrobat for free

 
At 2:32 AM, Anonymous Anonymous said...

download adobe photoshop cs4 version молодые serial no for mac
adobe indesign cmap files japanese system
adobe acrobat 8 professional
adobe illustrator flower
adobe dreamweaver download
adobe photoshop cs4 revealed 1st 09 thomson
adobe premiere elements 7 code
you need adobe flash player to watch this
adobe photoshop cs3 extended written tutorials
reviews for adobe creative suite

 
At 4:18 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop cs3 extended key gen
adobe creative suite 3 courses in tampa florida
adobe acrobat hyperlink microsoft word
christmas backdrops for adobe photoshop
adobe premiere elements 2 capture video problems
digital capture format for adobe premier
adobe illustrator export visio
adult education in adobe photoshop
adobe acrobat 8 standard oem discount
adobe photoshop elements for mac

 
At 5:40 AM, Anonymous Anonymous said...

http://basweopuv.0fees.net/adobe-dreamweaver-v3.html
http://bolsiwoa.0fees.net/adobe-flash-professional-keygen-crack.html
http://bcyusiw.0fees.net/adobe-creative-suite-cs3-design-premium.html
http://bolsiwoa.0fees.net/adobe-photoshop-music-note-brushes.html
http://bolsiwoa.0fees.net/adobe-version-7-of-flash.html
http://bcyusiw.0fees.net/adobe-flash-presentation.html
http://basweopuv.0fees.net/extract-photos-form-adobe-photoshop-album-starter.html
http://bcyusiw.0fees.net/adobe-creative-suite-4.html
http://bolsiwoa.0fees.net/problems-with-adobe-flash-player.html
http://basweopuv.0fees.net/how-to-smooth-edges-adobe-photoshop.html

 
At 7:25 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat reader mac
user instructions for adobe acrobat
free adobe acrobat 8 tutorial
free adobe acrobat tutorial
free adobe acrobat 7 tutorial
adobe acrobat 7 free tutorial
adobe acrobat newest version
adobe acrobat apple download
adobe acrobat reader apple
adobe acrobat professional forms
adobe acrobat professional forms help

 
At 9:27 AM, Anonymous Anonymous said...

adobe acrobat professional user group help
adobe acrobat reade3r
adobe acrobat pro mac
adobe acrobat 5 keygen
adobe acrobat reinstall everytime i right click
adobe acrobat diacritical
adobe acrobat schwa
create custom dictionaries for adobe acrobat 7
compare adobe acrobat 5 8 versions
adobe acrobat 8 professional
adobe acrobat professional 6 upgrade

 
At 10:21 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop templates
adobe photoshop cd label templates
what is adobe photoshop used for
adobe photoshop questions
adobe photoshop album
free adobe photoshop download
adobe photoshop for windows
adobe photoshop elements will not start error message
adobe photoshop c4
adobe photoshop elements 7 users guide

 
At 11:57 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe photoshop 6 elements
adobe photoshope album starter
adobe photoshop cs3 key free
adobe photoshop cs3 full download
using adobe photoshop 5 how do you make 1 big photo out of many
adobe photoshop cs
adobe photoshop cs3 photo merge
adobe photoshop cs3 vs windows vista 64 bit
adobe photoshop cs 3 tutorial

 
At 3:37 PM, Anonymous Anonymous said...

adobe illustrator 11 lessons adobe illustrator 2 trial adobe illustrator cs 2 download adobe illustrator cs 2 download for windows adobe illustrator tutorial training adobe illustrator cs3 bittorrent free download adobe illustrator cs3 download adobe illustrator symbols software adobe vector illustrations excel and adobe illustrator adobe illustrator keybord respond not adobe illustrator flower adobe illustrator paste revolve

 
At 5:29 PM, Anonymous Anonymous said...

http://lopdergams.0fees.net/map.html
http://lopdergams.0fees.net/
http://lopdergams.0fees.net/adobe-acrobat-reader-8-free.html adobe acrobat reader 8 free
http://lopdergams.0fees.net/greasemonkey-scripts-adobe-flash-player.html greasemonkey scripts adobe flash player
http://lopdergams.0fees.net/how-to-frame-adobe-photoshop.html how to frame adobe photoshop
http://lopdergams.0fees.net/adobe-photoshop-illustrations.html adobe photoshop illustrations
http://lopdergams.0fees.net/adobe-flash-player-plugin-issues-windows-xp.html adobe flash player plugin issues windows xp
http://nasewnios.0fees.net/map.html
http://nasewnios.0fees.net/
http://nasewnios.0fees.net/free-adobe-illustrator-templates-pc.html free adobe illustrator templates pc
http://nasewnios.0fees.net/adobe-acrobat-9-pro-full-version.html adobe acrobat 9 pro full version
http://nasewnios.0fees.net/adobe-acrobat-4.html adobe acrobat 4
http://nasewnios.0fees.net/adobe-pagemaker-image-setting.html adobe pagemaker image setting
http://nasewnios.0fees.net/adobe-photoshop-for-mac.html adobe photoshop for mac

 

Post a Comment

<< Home